Sunat ABK

Masih mencari tempat sunat buat putra anda yang “spesial”? Meningkatnya pemahaman orang tua akan pentingnya bersunat secara medis di samping alasan agama, dibarengi pula dengan usaha orang tua mencari cara sunat terbaik dan tempat sunat terbaik bagi putranya. Adakalanya pula kondisi “spesial” pada putranya menuntut usaha optimal orang tua memilihkan tempat yang layak untuk putranya tersebut untuk sunat berkebutuhan khusus.

Kondisi Spesial Sunat Berkebutuhan Khusus

Kondisi spesial ini beragam pula jenisnya. Kami menyebutnya dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti: autisme, hiperaktif, down syndrom, haemofili, kegemukan, micropenis, buried penis, webbed penis, trapped penis, hiposphadia, epispadia dan masih banyak lagi kondisi spesial lainnya, baik itu di penisnya maupun kondisi umum anaknya.

  1. Autism : Kondisi yang berkaitan dengan perkembangan otak anak, yang ditandai dengan kesulitan dalam bersosialisasi, berkomunikasi dan perilaku.
  2. Hiperaktif : Gangguan tingkah laku yang disebabkan disfungsi neurologia, yang ditandai dengan tidak mampu memusatkan perhatian.
  3. Down syndrom : Kelainan bawaan yang menyebabkan keterbelakangan mental dengan ciri-ciri fisik yang khas.
  4. Haemofilia : Kelainan bawaan pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah.
  5. Kegemukan : Kondisi dimana indeks massa tubuh lebih dari 30 kg/m2.
  6. Micropenis : Kondisi dimana penis tumbuh dengan ukuran lebih kecil dari ukuran rata-rata.
  7. Buried penis : Kondisi dimana penis tenggelam di bawah permukaan kulit.
  8. Webbed penis : Kondisi dimana kulit buah zakar meluas sampai ke batang penis, bahkan hingga ke bagian sulcus (parit penis).
  9. Trapped penis : Kondisi dimana penis terperangkap oleh jaringan sikatrik, dan ditandai dengan tidak cukupnya kulit penis.
  10. Hiposphadia : Kelainan bawaan dimana ujung saluran kencing berada di bagian bawah penis (mendekati buah zakar, bukan di kepala penis)
  11. Epispadia : Kelaianan bawaan dimana ujung saluran kencing berada di punggung penis

Informasi kondisi-kondisi khusus tersebut akan segera orang tua dapatkan di link artikel berikut:

  • Sulitkah sunat pada anak Autisme, hiperaktif, dan down syndrome?
  • Tantangan sunat gemuk, sekarang atau tunda…
  • Penis yang kecil dan solusi sunatnya.

Konsultasi Pra Sunat Berkebutuhan Khusus

Dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus ini, “Konsultasi Pra Sunat” menjadi kunci utamanya. Saat kedua orang tua bertemu dokter, beberapa hal berikut perlu digarisbawahi:

  1. Sampaikan riwayat kondisi kesehatan putranya secara lengkap, baik itu kondisi umum kesehatannya, kondisi psikologisnya maupun kondisi khusus di area kemaluannya.
  2. Bawalah putranya bertemu dokter untuk membantu mendiagnosis lengkap kondisinya dan membangun “chemistry” sang putra dengan tim sunat dan lingkungan sunatnya.
  3. Tanyakan informasi berbagai teknik sunat yang dapat dilakukan pada putranya. Begitu pula teknik anestesi atau bius yang diperbolehkan.
  4. Tentukan bersama dokternya, apakah sang putra layak disunat di kondisi klinik dengan bius lokal, ataukah harus dalam settingan bius umum di rumah sakit.
  5. Bila dinyatakan layak dalam settingan bius lokal, pilihlah waktu yang tepat bersama dokter untuk sunatnya. HIndari menyunatkan putranya pada “musim sunat” untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Konsultasi Gratis

Konsultasikan perihal khitan dan keadaan buah hati kepada ahli dengan gratis melalui whatsapp
Kirim Whatsapp
Konsultasi Sunat
Halo, ada yang bisa kami bantu?